Pengembangan Petunjuk Praktikum Kimia Berbasis Green Chemistry pada materi Termokimia

Authors

  • Putri Aulia Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Maefa Eka Haryani Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8849

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan petunjuk praktikum kimia berbasis green chemistry pada materi termokimia yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan di MAN 1 Ogan Ilir. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dikombinasikan dengan evaluasi formatif Tessmer (self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test). Pada tahap analisis dilakukan studi kebutuhan melalui observasi dan wawancara dengan guru untuk mengidentifikasi permasalahan dalam pembelajaran kimia terutama pada keterbatasan bahan ajar praktikum yang ramah lingkungan. Tahap desain melibatkan penyusun capaian dan tujuan pembelajaran perancangan perangkat praktikum yang mengacu pada prinsip green chemistry, dan penyusun instrument evaluasi. Pada uji coba one-to-one didapat nilai skor sebesar 86,66% dan 84,97% small group yang termasuk kategori sangat praktis. Selanjutnya, prototype yang telah direvisi diujicobakan melalui field test untuk mengukur keefektifan produk melalui pre-test dan post-test, diperoleh nilai n-gain sebesar 0,85% yang menunjukkan bahwa petunjuk praktikum kimia berbasis green chemistry pada materi termokimia yang dikembangkan efektif dengan kategori tinggi. Petunjuk praktikum ini dinilai mampu meningkatkan pemahaman konsep termokimia serta kesadaran peserta didik terhadap praktik kimia yang ramah lingkungan. Dengan demikian, petunjuk praktikum ini layak digunakan sebagai media pembelajaran berbasis green chemistry di sekolah.

Published

2025-08-07

How to Cite

Aulia, P., & Haryani, M. E. . (2025). Pengembangan Petunjuk Praktikum Kimia Berbasis Green Chemistry pada materi Termokimia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9728-9732. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8849