Implementasi Model Pembelajaran Problem-Based Learning berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Serina Salsabila Universitas Riau, Indonesia
  • Caska Caska Universitas Riau, Indonesia
  • Hendripides Hendripides Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8854

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di MA Darul Hikmah Pekanbaru menunjukkan perlu adanya inovasi dalam modeldan media pembelajaran. Penelitian dilakukan untuk mengetahui penggunaan model problem-based learning (PBL) berbasis wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa. model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 23 siswa yaitu kelas X.5 yang diambil dengan metode purposive sampling. Instrumen yang diterapkan meliputi tes (pretest dan posttest) serta lembar observasi. Analisis data menunjukkan peningkatan akademik yang signifikan pada siswa setelah penerapan model problem-based learning berbasis wordwall, di mana nilai signifikansi yang diperoleh pada uji paired sample t-test adalah 0,000. Nilai uji N-Gain yang diperoleh sebesar 0,5864 yang dikategorikan sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model problem-based learning berbasis wordwall efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada saat proses pembelajaran juga menunjukkan adanya peningkatan keterlibatan siswa, antusiasme belajar, dan pemahaman materi selama kegiatan berlangsung.

Published

2025-07-10

How to Cite

Salsabila, S., Caska, C. ., & Hendripides, H. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Problem-Based Learning berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 8447-8456. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8854