Komunikasi Berkualitas di Sekolah: Budaya Organisasi, Aspek, Metode Penilaian Berdasarkan Literature Review

Authors

  • Shafa' Muthi'ah Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Dody Alfayed Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Siti Mulkaf Lailawati Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Milawati Milawati Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Sulistiyana Sulistiyana Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Suhaimi Suhaimi Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8859

Abstract

Komunikasi di lingkungan sekolah memiliki peran penting dalam mendukung keberhasilan pembelajaran dan pengelolaan organisasi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kualitas komunikasi di sekolah melalui pendekatan kajian literatur terhadap hasil-hasil penelitian terdahulu. Hasil kajian menunjukkan bahwa kualitas komunikasi ditentukan oleh kejelasan pesan, keterbukaan, empati, umpan balik, dan efektivitas saluran komunikasi. Penilaian terhadap aspek-aspek tersebut dapat dilakukan dengan berbagai metode seperti survei, wawancara, dan observasi yang dikombinasikan dengan teknik triangulasi. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan kualitas komunikasi merupakan kunci dalam membangun budaya sekolah yang positif dan mendukung pengembangan seluruh warga sekolah secara berkelanjutan.

Published

2025-08-06

How to Cite

Muthi’ah, S. ., Alfayed, D. ., Lailawati, S. M. ., Milawati, M., Sulistiyana, S., & Suhaimi, S. (2025). Komunikasi Berkualitas di Sekolah: Budaya Organisasi, Aspek, Metode Penilaian Berdasarkan Literature Review. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9723-9727. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8859