Efektifitas Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA.
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8863Abstract
Model pembelajaran Problem Based learning menjadi salah satu model pembelajaran yang disarankan oleh kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Mutiara kelas XI. Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan penting abad ke-21 yang perlu dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah nyata dan keterlibatan aktif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design, yang melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan dengan model PBL, dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis berupa tes esai yang disusun berdasarkan indikator berpikir kritis mengacu pada facione (2015). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada keterampilan berpikir kritis siswa di kelas yang menerapkan model PBL dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian, model Problem Based Learning efektif digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA.