Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Literasi Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Wulan Zakiyatur Rizka Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Zuyyina Fihayati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8864

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan strategi guru dalam meningkatkan literasi membaca pada mata pelajaran bahasa indonesia, literasi merupakan kemampuan seseorang di indonesia ini sangat minim sekali, maka guru dapat meningkatkan strategi peserta didik. Literasi ini mencakup keterampilan untuk meningkatkan gaya belajar yang efektif baik secara lisan maupun tertulis. Salah satu strategi untuk meningkatkan literasi membaca yaitu sekolah dan lingkungan keluarga juga mendukung atau melibatkan kegiatan literasi kedalam kegiatan literasi dirumah. Literasi tidak hanya sebagai keterampilan membaca dan menulis saja, akan tetapi kita ketahui bahwa pengertian literasi merupakan kemampuan dan kecakapan yang dibutuhkan untuk mengembangkan diri secara sosial dalam kehidupan sehari-hari. Penilaian guru Bahasa Indonesia di kelas V, dari 32 siswa terdapat satu peserta didik yang belum lancar membaca. Hal ini menunjukkan perlunya strategi pembelajaran yang tepat sasaran. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha memahami secara mendalam peristiwa dan interaksi yang terjadi dalam pelaksanaan kegiatan literasi membaca, serta peran pihak-pihak yang terlibat di SDN Sumokali, yang berlokasi di Desa Sumokali, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi guna memperoleh gambaran utuh mengenai pelaksanaan strategi peningkatan literasi membaca di sekolah tersebut.

Published

2025-08-06

How to Cite

Rizka, W. Z. ., & Fihayati, Z. . (2025). Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Literasi Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9454-9460. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8864