Studi Evaluasi Program Weekly Professional Development Guru Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP) di TK-SD XYZ Manado

Authors

  • Rolina Saragih Sekolah Dian Harapan Holland Village, Indonesia
  • Fransisco Budi Hardiman Universitas Pelita Harapan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8892

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi program Weekly Professional Development (WPD) bagi guru di TK-SD XYZ Manado menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Program ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi guru, dengan penekanan pada penguatan pendidikan Kristen dalam pengajaran. Namun, setelah beberapa pelaksanaan, terdapat kesenjangan antara harapan guru dan materi PD yang diberikan, khususnya dalam hal konten yang lebih aplikatif dan materi yang relevan.  Melalui pendekatan kualitatif dengan wawancara kepada Head of School, Kepala Sekolah dan enam Team Leaders sebagai perwakilan guru, observasi pelaksanaan WPD, dan studi literatur, penelitian ini mengungkapkan beberapa temuan utama. Evaluasi konteks menunjukkan keselarasan tujuan program dengan visi sekolah, meskipun terdapat tantangan dalam memenuhi kebutuhan guru yang beragam. Evaluasi input menunjukkan perencanaan yang cukup baik, namun manajemen waktu dan persiapan fasilitator perlu diperbaiki. Evaluasi proses mengindikasikan bahwa variasi metode pembelajaran efektif, namun pengelolaan waktu dan dokumentasi pembelajaran perlu ditingkatkan. Evaluasi produk menunjukkan bahwa program ini telah berhasil meningkatkan keterampilan pedagogis dan pemahaman pendidikan Kristen guru, namun perlu perbaikan dalam personalisasi materi dan tindak lanjut. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan diferensiasi untuk guru berdasarkan pengalaman mengajar, keterlibatan pemateri ahli, serta perbaikan manajemen waktu dan sistem dokumentasi pembelajaran untuk meningkatkan keberlanjutan, keefektifan dan dampak jangka panjang program.

Published

2025-08-06

How to Cite

Saragih, R., & Hardiman, F. B. . (2025). Studi Evaluasi Program Weekly Professional Development Guru Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP) di TK-SD XYZ Manado. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9479-9487. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8892