Pengaruh Model Snowball Throwing Berbantu Kartu Pertanyaan terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Umar Ali Syaifudin Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Yasir Arafat Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Susanti Faipri Selegi Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8894

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siwa kelas II SD Negeri 120 Palembang pada materi Pendidikan Pancasila. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui model snowball throwing berbantu kartu pertanyaan terhadap minat belajar siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II semester genap SD Negeri 120 Palembang tahun ajaran 2024/2025 yang berdistribusi 2 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas II.B dan II.C yang diambil dengan teknik random sampling dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Only control Design. Analisis data menggunakan uji-t dengan menggunakan SPSS 26. Dengan nilai signifikan (2-tailed) =0,000 < 0,05 dengan ini maka Ha ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model snowball throwing berbantu kartu pertanyaan terhadap minat belajar siswa sekolah dasar.

Published

2025-08-06

How to Cite

Syaifudin, U. A. ., Arafat, Y. ., & Selegi, S. F. . (2025). Pengaruh Model Snowball Throwing Berbantu Kartu Pertanyaan terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9465-9470. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8894