Analisis Isi Konten Edukasi Etika Sosial dan Table manner @vindyleetiktok

Authors

  • Yuni Putri Awaliyah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Diana Amalia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8941

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi konten edukasi pada akun TikTok @vindyleetiktok dalam membangun kesadaran etika sosial dan table manner di kalangan audiens media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi dari Parker, Saundage, & Lee yang terdiri dari lima tahap: menentukan tujuan, memilih konten, menganalisis, menginterpretasikan, dan menyimpulkan. Sebanyak 15 video dipilih sebagai korpus penelitian, yang kemudian dikategorikan berdasarkan elemen etika sosial (interaksi sosial, kelompok sosial, status sosial, peranan sosial, norma sosial, budaya) dan table manner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Vindy Lee mampu mengedukasi audiens melalui visualisasi yang menarik dan penggunaan bahasa yang komunikatif, sehingga meningkatkan kesadaran audiens mengenai pentingnya penerapan etika dalam kehidupan sosial dan formal. Kontennya berhasil menjembatani kesenjangan edukasi mengenai etika sosial yang belum banyak diajarkan dalam pendidikan formal. Selain itu, penggunaan platform TikTok sebagai media edukasi terbukti efektif dalam menyampaikan pesan-pesan etis secara ringan namun bermakna. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan literasi etika sosial di era digital serta menyoroti peran penting content creator dalam menyampaikan nilai-nilai sosial.

Published

2025-08-06

How to Cite

Awaliyah, Y. P. ., & Amalia, D. . (2025). Analisis Isi Konten Edukasi Etika Sosial dan Table manner @vindyleetiktok. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9636-9640. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8941