Peran Guru Dalam Membangun Kemandirian Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Karakter di Kelas III SDN Sidokepung 1

Authors

  • Halimatus Sa’diyah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Indonesia
  • Mohammad Setyo Wardono Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8949

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru untuk membangun kemandirian peserta didik kelas III SDN Sidokepung 1. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dengan kata lain, metode deskriptif ini berfokus pada pengumpulan data yang berupa sebuah informasi dalam bentuk kata-kata atau gambar, bukan angka untuk menangkap detail dari penelitian. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dalam tiga teknik, yaitu observasi, wawancara dan juga dokumentasi. teknik pengumpulan data ini dilakukan menggunakan cara triangulasi, yang dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Tujuannya adalah guna mengetahui peran guru dalam membangun kemandirian peserta didik kelas III SDN Sidokepung 1. Berdasarkan pada hasil penelitian, menunjukkan jika peran guru sebagai motivator, pengajar dan juga fasilitator sangat dominan dan berpengaruh pada kemandirian belajar peserta didik kelas III SDN Sidokepung 1. Dari ke tiga peran guru yang cenderung dominan tersebut didalamnya ada peran guru yang melakukan berbagai upaya membantu peserta didik untuk mandiri dalam belajar. Meskipun ada peran guru yang dominan, tetapi semua peran guru sangat penting dalam pembelajaran dan saling melengkapi dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif.

Published

2025-07-10

How to Cite

Sa’diyah, H. ., & Wardono, M. S. . (2025). Peran Guru Dalam Membangun Kemandirian Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Karakter di Kelas III SDN Sidokepung 1. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 8493-8503. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8949