Implementasi DreamBox Learning untuk Anak Kesulitan Belajar di Sekolah Inklusif: Kajian Literatur Sistematis

Authors

  • Ratna Tri Utami Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
  • Hendra Widodo Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
  • Sri Suryani Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
  • Muhammad Ubaidillah Universitas Lampung, Indonesia
  • Salma Adz-Dzikro Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.8982

Abstract

Studi ini hanya menginformasikan penggunaan DreamBox Learning sebagai media pembelajaran adaptif bagi siswa dengan kesulitan belajar spesifik di sekolah inklusif melalui pendekatan kajian literatur sistematis. Pengumpulan data dilakukan dari basis data Scopus dengan mengikuti tahapan PRISMA, dan dianalisis menggunakan perangkat lunak VOSviewer. Dari proses seleksi, diperoleh 458 artikel yang sesuai dengan topik media pembelajaran untuk dianalisis secara tematik dan bibliometrik. Hasil menunjukkan peningkatan jumlah publikasi sejak tahun 2019, dengan dominasi kontribusi dari Amerika Serikat, disusul oleh Inggris, Indonesia, dan India. Berdasarkan hasil analisis jurnal, kata kunci seperti deep learning, detection, dan response mendominasi, menunjukkan tren pemanfaatan kecerdasan buatan untuk mendukung pembelajaran yang bersifat personal terutama pada anak berkesulitan belajar semakin banyak yaitu dari 40 jurnal dari tahun 2019 menjadi 75 jurnal di tahun 2024. Selain itu, seluruh hasil penelitian juga menyoroti aspek sosial seperti representasi disabilitas yang memenuhi kebutuhan. Sehingga terlihat bahwa penelitian mengenai media pembelajaran mengalami peningkatan. Kesimpulan menunjukkan bahwa DreamBox Learning memiliki potensi besar dalam mendukung pembelajaran inklusif, meskipun pelaksanaannya di Indonesia masih memerlukan dukungan kebijakan, pelatihan guru, dan kesiapan infrastruktur.

Published

2025-09-01

How to Cite

Utami, R. T., Widodo, H., Suryani, S. ., Ubaidillah , M., & Adz-Dzikro, S. . (2025). Implementasi DreamBox Learning untuk Anak Kesulitan Belajar di Sekolah Inklusif: Kajian Literatur Sistematis. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 10309-10318. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.8982