Pengaruh Model Pembelajaran Paired Story Telling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Agnes Muliyanti Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • M. Taheri Akbar Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Susanti Faipri Selegi Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9008

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh model pembelajaran paired story telling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimental. Metode quasi eksperimental adalah sama dengan halnya metode penelitian factorial, metode quasi eksperimental juga merupakan pengembangan dari metode quasi eksperimental, metode true eksperimental yang di bedakan menjadi dua jenis time series dan nonequavalent control group. Populasi pada penelitian ini yakni kelas IV A terdiri dari 31 siswa dan IV B terdiri dari 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari IV A sebagi kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik validasi intrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan taraf kesukaran. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan bantuan SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa melalui model pembelajaran paired story telling lebih efektif dibandingkan dengan penerapan model konvensional. Hal ini didasarkan pada hasil uji hipotesis terlihat nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Sehingga dapat disimpulakan bahwa pengaruh model pembelajaran paired story telling berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa kelas IV SD Negeri 88 Palembang.

Published

2025-08-06

How to Cite

Muliyanti, A. ., Akbar, M. T. ., & Selegi, S. F. . (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Paired Story Telling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9598-9602. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9008