Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Augmented Reality terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9013Abstract
Kemampuan numerasi siswa kelas V masih tergolong rendah, salah satunya disebabkan kurangnya keterkaitan pembelajaran matematika dengan konteks nyata dan minimnya media interaktif. Pemilihan pendekatan pembelajaran serta penggunaan media teknologi, seperti Augmented Reality (AR), dapat berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan numerasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik berbantuan augmented reality terhadap kemampuan numerasi siswa. Rancangan penelitian yang digunakan, yaitu True Experimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Instrumen penelitian menggunakan tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, homogenitas dan Independent Sample T-test. Hasil mengindikasikan bahwasannya rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 58,80 dan bertambah menjadi 72,30 pada posttest, serta rata-rata nilai pretest kelas kontrol adalah 52,20 bertambah menjadi 58,90 pada posttest. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pendekatan matematika realistik berbantuan augmented reality berpengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa Sekolah Dasar.