Analisis Pengaruh Kualitas produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Bakmie Bangka 268 Gading Serpong
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9023Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis apakah kualitas produk dan harga memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen di Bakmie Bangka 268 Gading Serpong. Latar belakang dari penelitian ini yaitu merupakan salah satu restoran atau rumah makan yang berlokasi di Gading serpong yang dimana restoran tersebut menyediakan berbagai macam menu makanan maupun minuman khas Bangka asli dengan tujuan untuk mengetahui factor kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 responden yang merupakan konsumen Restoran Bakmie Bangka 268 Gading Serpong. Teknik analisis data yang digunakan adalah non-probability sampling untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen. Hasil dari penelitian menggunakan Uji T menunjukan bahwa variabel kualitas produk memiliki nilai t hitung sebesar 3.713 > 1,984 dan harga sebesar sebesar 6,547 > 1,984, hal ini dapat menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga secara signifikan berpengaruh positif terhadap tingkat kepuasan konsumen. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen tersebut lebih mengutamakan cita rasa, harga dari makanan serta konsistensi produk untuk meningkatkan tingkat kepuasan mereka. Oleh karena itu, restoran disarankan untuk meningkatkan kualitas produk mereka dan mempertahankan harga produk agar dapat bersaing secara kompetitif.