Pengaruh Penggunaan Media-Based Learning dalam Pembelajaran Tentang ‘Rumah Adat’ terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V

Authors

  • Marcelino Junianto Napitupulu Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Magdad Hatim Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media-Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 160 Palembang pada mata pelajaran IPAS materi “Rumah Adat”. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen sejati (true experimental design), di mana siswa dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen menggunakan media interaktif, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil belajar diukur melalui pretest dan posttest. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa pada kelompok eksperimen memperoleh skor posttest yang jauh lebih tinggi dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Penggunaan Media-Based Learning terbukti meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi secara visual dan kontekstual. Pendekatan ini juga membantu menumbuhkan apresiasi terhadap budaya lokal serta mendorong kolaborasi dalam belajar. Dengan demikian, Media-Based Learning menjadi strategi yang efektif dan relevan untuk pembelajaran abad ke-21 dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada materi yang bermuatan budaya.

Published

2025-08-06

How to Cite

Napitupulu, M. J. ., & Hatim, M. . (2025). Pengaruh Penggunaan Media-Based Learning dalam Pembelajaran Tentang ‘Rumah Adat’ terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9603-9609. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9024