Pemanfaatan Gimkit Sebagai Sarana Gamification untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran

Authors

  • Muhammad Misbahuddin Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Susanti Sufyadi Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Sulistyo Rini Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9025

Abstract

Penelitian ini menganalisis efektivitas platform Gimkit sebagai media gamifikasi dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui systematic literature review (SLR) dengan metode PRISMA. Data dikumpulkan dari artikel nasional/internasional terakreditasi (2016–2024) di Google Scholar dan Scopus, menghasilkan 8 studi relevan setelah seleksi ketat. Hasil kajian menunjukkan bahwa implementasi elemen gamifikasi pada Gimkit seperti sistem poin, lencana pencapaian, dan mekanisme tantangan secara konsisten meningkatkan motivasi, keterlibatan aktif, dan minat belajar peserta didik di berbagai jenjang pendidikan. Platform ini tidak hanya memperkuat pemahaman kognitif tetapi juga mengembangkan keterampilan kolaborasi sosial dan rasa pencapaian pribadi, menghasilkan peningkatan signifikan dalam prestasi akademik dibandingkan metode pembelajaran konvensional. Tantangan implementasi terutama terkait dengan perlunya desain aktivitas yang selaras dengan kurikulum, ketersediaan infrastruktur teknologi yang memadai, serta variasi respons siswa terhadap pendekatan gamifikasi. Simpulan penelitian menegaskan bahwa Gimkit berpotensi mentransformasi lingkungan pembelajaran menjadi lebih dinamis dan interaktif. Untuk optimalisasi, diperlukan kolaborasi multidimensi meliputi pelatihan desain gamifikasi bagi pendidik, dukungan infrastruktur dari institusi pendidikan, dan pengembangan fitur adaptif oleh penyedia platform. Rekomendasi riset lanjutan mencakup eksplorasi efektivitas jangka panjang dan aplikasi lintas disiplin ilmu.

Published

2025-08-06

How to Cite

Misbahuddin, M., Sufyadi, S., & Rini, S. (2025). Pemanfaatan Gimkit Sebagai Sarana Gamification untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9610-9615. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9025