Penerimaan Generasi Z terhadap Konten Edukasi Sustainable Fashion di Akun TikTok @itscasriani
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9029Abstract
Perkembangan tren fashion yang cepat telah mendorong pola konsumsi fast fashion yang tinggi, terutama di kalangan generasi muda. Sebagai respons atas permasalahan ini, muncul gerakan sustainable fashion yang mendorong pola konsumsi yang lebih sadar dan ramah lingkungan. Salah satu kreator konten yang membahas sustainable fashion di TikTok adalah akun @itscasriani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Generasi Z memaknai konten edukasi sustainable fashion pada akun TikTok @itscasriani. Menggunakan pendekatan kualitatif dan teori analisis resepsi Stuart Hall, data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap tujuh informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas informan berada pada posisi hegemonik dominan, sementara sisanya menempati posisi negosiasi dan oposisi. Temuan ini menunjukkan bahwa Generasi Z merupakan khalayak aktif yang memaknai pesan sesuai konteks pribadi, dan TikTok dinilai efektif sebagai media edukasi yang ringan dan relevan.