Analisis Resepsi Gen Z terhadap Konten Edukasi Sustainable Transport pada Akun @cecilianov Mengenai Transportasi Umum di Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9047Abstract
Penelitian ini membahas resepsi Generasi Z terhadap konten edukasi transportasi berkelanjutan yang disampaikan melalui platform TikTok oleh akun @cecilianov. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode wawancara mendalam terhadap tujuh informan, penelitian ini dianalisis melalui teori Encoding/Decoding dari Stuart Hall. Hasil temuan menunjukkan bahwa audiens berada pada tiga posisi dalam memahami pesan, yakni: dominant-hegemonic, negotiated, dan oppositional. Beberapa informan menerima sepenuhnya pesan yang disampaikan, sebagian lainnya menegosiasikan pesan dengan pengalaman dan konteks kehidupan pribadi, sementara sisanya menolak karena merasa pesan tersebut tidak relevan atau tidak sesuai dengan kondisi nyata. Penelitian ini menegaskan bahwa Generasi Z merupakan audiens aktif yang tidak hanya menerima informasi secara pasif, namun juga melakukan interpretasi berdasarkan pengetahuan dan pengalaman mereka. TikTok berperan sebagai ruang baru dalam membentuk opini dan sikap terhadap isu transportasi berkelanjutan.