Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Permainan Domino terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa pada Materi Globalisasi Mata Pelajaran IPS Kelas IX SMP Muhammadiyah Jember Tahun 2024/2025

Authors

  • Ramadhania Putri Maharani Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Mohamad Il Badri Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Rina Rohmawati Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9049

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran berbasis permainan domino terhadap peningkatan pemahaman siswa pada materi globalisasi. Latar belakang penelitian adalah rendahnya tingkat pemahaman siswa akibat metode konvensional yang cenderung membosankan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental yang melibatkan dua kelompok, yaitu eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi pretest, posttest, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata nilai pemahaman siswa pada kelompok eksperimen dari 73 (pretest) menjadi 85 (posttest), sedangkan kelompok kontrol meningkat dari 70 menjadi 74,59. Uji N-Gain menunjukkan rata-rata skor sebesar 0,4677 dengan peningkatan persentase sebesar 46,77%, yang tergolong peningkatan sedang. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran berbasis permainan domino terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi globalisasi.

Published

2025-08-07

How to Cite

Maharani, R. P. ., Badri, M. I. ., & Rohmawati, R. . (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Permainan Domino terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa pada Materi Globalisasi Mata Pelajaran IPS Kelas IX SMP Muhammadiyah Jember Tahun 2024/2025. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9858-9861. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9049