Evaluasi Diri Sekolah sebagai Fondasi Perencanaan Strategik Pendidikan

Authors

  • Zayyinul Firdaus Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang, Indonesia
  • Ruri Wijayanti Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang, Indonesia
  • Nur Khomsin Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang, Indonesia
  • Fetty Hermawati Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang, Indonesia
  • Ngurah Ayu Nyoman Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9053

Abstract

Evaluasi Diri Sekolah (EDS) merupakan instrumen krusial dalam mendukung sistem penjaminan mutu internal di dunia pendidikan. EDS berperan dalam membantu sekolah mengenali keunggulan serta aspek-aspek yang masih perlu ditingkatkan, seperti dalam hal pengelolaan sumber daya, efektivitas proses belajar mengajar, dan keterlibatan pemangku kepentingan. Hasil evaluasi ini menjadi landasan utama bagi perumusan perencanaan strategik yang diarahkan pada peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan. Melalui proses evaluasi yang terstruktur dan menyeluruh, sekolah dapat menyusun kebijakan dan program yang lebih relevan dengan kebutuhan riil serta tantangan yang dihadapi. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa pelaksanaan EDS mendukung efisiensi dalam pemanfaatan sumber daya, meningkatkan kemampuan lembaga dalam merespons perubahan kebijakan, serta memperkuat tata kelola sekolah melalui partisipasi aktif seluruh pemangku kepentingan. Dengan demikian, EDS seharusnya menjadi elemen penting dalam strategi perencanaan pendidikan untuk mencapai sasaran akademik dan administratif yang lebih efektif.

Published

2025-08-07

How to Cite

Firdaus, Z. ., Wijayanti, R. ., Khomsin, N. ., Hermawati, F. ., & Nyoman, N. A. . (2025). Evaluasi Diri Sekolah sebagai Fondasi Perencanaan Strategik Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9811-9814. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9053