Evaluasi Diri Sekolah sebagai Fondasi Perencanaan Strategik Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9053Abstract
Evaluasi Diri Sekolah (EDS) merupakan instrumen krusial dalam mendukung sistem penjaminan mutu internal di dunia pendidikan. EDS berperan dalam membantu sekolah mengenali keunggulan serta aspek-aspek yang masih perlu ditingkatkan, seperti dalam hal pengelolaan sumber daya, efektivitas proses belajar mengajar, dan keterlibatan pemangku kepentingan. Hasil evaluasi ini menjadi landasan utama bagi perumusan perencanaan strategik yang diarahkan pada peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan. Melalui proses evaluasi yang terstruktur dan menyeluruh, sekolah dapat menyusun kebijakan dan program yang lebih relevan dengan kebutuhan riil serta tantangan yang dihadapi. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa pelaksanaan EDS mendukung efisiensi dalam pemanfaatan sumber daya, meningkatkan kemampuan lembaga dalam merespons perubahan kebijakan, serta memperkuat tata kelola sekolah melalui partisipasi aktif seluruh pemangku kepentingan. Dengan demikian, EDS seharusnya menjadi elemen penting dalam strategi perencanaan pendidikan untuk mencapai sasaran akademik dan administratif yang lebih efektif.