Analisis Kenyamanan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di RSI Fatimah Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9054Abstract
Kepuasan pasien merupakan indikator penting dalam menilai kualitas pelayanan Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kenyamanan dan kualitas pelayanan pasien di Rumah Sakit Islam Fatimah Banyuwangi. Dari data laporan Humas tahun 2024 dan survei kepuasan pasien rawat inap, menunjukkan adanya keluhan terkait kebersihan, komunikasi tenaga medis, dan fasilitas pendukung, yang berdampak pada rendahnya tingkat huniaan pasien atau Bed Occupancy Rate sebesar 39,97% antara tahun 2022 hingga 2024. Penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan dan kenyamanan pasien sebagai upaya strategis dalam meningkatkan kepuasan, loyalitas, dan reputasi rumah sakit. Metode penelitian yang digunakan adalah survey melalui kuisoner dan analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian pada 37 pasien menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kenyamanan dan kepuasan pasien.