Pengaruh Penggunaan Media Gawai terhadap Kemampuan Berpikir Logis Kritis Kreatif Anak Usia 4-5 Tahun di TK Lab School IKIP PGRI Jember

Authors

  • Lailatul Azizah Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Ratnasari Dwi Ade Candra Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9056

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media gawai terhadap kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel terdiri dari 10 anak usia 4–5 tahun di TK Lab School IKIP PGRI Jember yang dipilih dengan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui angket orang tua dan observasi langsung terhadap aktivitas anak saat pembelajaran. Hasil uji regresi menunjukkan adanya pengaruh negatif signifikan antara penggunaan media gawai terhadap kemampuan berpikir anak (R² = 0,935, p < 0,05). Setiap peningkatan skor penggunaan gawai menurunkan kemampuan berpikir anak sebesar 0,877 poin. Kesimpulannya, penggunaan gawai berlebihan berdampak negatif terhadap perkembangan kognitif anak usia dini.

Published

2025-08-07

How to Cite

Azizah, L., & Candra, R. D. A. . (2025). Pengaruh Penggunaan Media Gawai terhadap Kemampuan Berpikir Logis Kritis Kreatif Anak Usia 4-5 Tahun di TK Lab School IKIP PGRI Jember. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9877-9886. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9056