Pengaruh Penggunaan Media Flash Card dengan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VII SMP Negeri 37 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9067Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam proses pembelajaran yang berdampak pada kurang optimalnya keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flash card dengan model problem based learning terhadap keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VII SMP Negeri 37 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain nonrandomized control group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling, dengan kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi rubrik penilaian untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah, serta tes pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan mencakup uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain dan uji hipotesis (uji-t). Hasil analisis data menunjukkan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,00 pada keterampilan pemecahan masalah dan 0,00 pada hasil belajar. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media flash card dengan model problem based learning terhadap keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VII SMP Negeri 37 Samarinda.