Peranan Kepemimpinan Perempuan dalam Menciptakan Sekolah Ramah Anak (Studi Kasus di SDIT Nurul Amal Kota Tangerang Selatan)

Authors

  • Imas Masriah Universitas Pamulang, Indonesia
  • Yulita Pujilestari Universitas Pamulang, Indonesia
  • Aisah Kurniawati Universitas Pamulang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.9070

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: 1) menganalisis peranan kepemimpinan perempuan dalam pengembangan kebijakan sekolah ramah anak; 2) mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam proses implementasi kebijakan sekolah ramah anak; 3) mengeksplorasi strategi kepemimpinan yang digunakan dalam menciptakan sekolah ramah anak; dan 4) mengetahui peranannya dalam meningkatkan partisipasi seluruh pemangku kepentingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik survei, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh: 1). Kepemimpinan perempuan memiliki peranan yang penting dalam menciptakan kebijakan sekolah ramah anak menunjukkan kemampuan empati yang tinggi, pemahaman yang mendalam terhadap kebutuhan siswa, dan keberanian untuk mengimplementasikan kebijakan berbasis inklusi, memperhatikan keberagaman dan kesejahteraan pendidik. 2) Tantangan yang dihadapi yaitu masih adanya budaya patriarki dan stereotif gender: keterbatasan sumber daya; kurangnya pendanaan dan fasilitas yang memadai; serta kurangnya pemahaman komunitas sekolah terhadap sekolah ramah anak. 3) Strategi yang diterapkan: peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, pendampingan dan seminar tentang metode pembelajaran yang ramah anak; penguatan komunikasi dengan komunitas sekolah melalui buku monitoring, group kelas, forum diskusi dan pertemuan rutin yang melibatkan guru, siswa, dan bergandengan serta berkolaborasi dengan wali murid dan pihak eksternal untuk mendapatkan dukungan sumber daya dan program pendidikan yang relevan. 4) peranan pemimpin perempuan dalam meningkatkan partisipasi seluruh pemangku kepentingan memiliki dampak positif dan meningkatkan keterlibatan komunitas sekolah.

Published

2025-07-03

How to Cite

Masriah, I. ., Pujilestari, Y. ., & Kurniawati, A. . (2025). Peranan Kepemimpinan Perempuan dalam Menciptakan Sekolah Ramah Anak (Studi Kasus di SDIT Nurul Amal Kota Tangerang Selatan). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7570-7576. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.9070