Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA pada Materi Sistem Pencernaan Manusia

Authors

  • Hayati Husna Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Cicik Surani Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Anisa Pramesti Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Dimas Arya Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Nabila Az Zahra Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Annisa Annisa Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9073

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modl pembelajaan koopeatif tipe Teams Games Tournaent (TGT) yang didukung oleh media Wordwall terhadap hasil belaja siswa pada materi sistem pencernaan manusi di kelas XI SMA Negeri 6 Medan. Evaluasi dilakukan berdasarkan aspek kognitif dalam Taksonomi Bloom (C1–C6) serta indikator pembelajaran. penelitian ini adlah kuasi-eksperien dengan menggunakan desain Pretest- Posttest Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Medan yang berjumlah 158 orang. Sampel penelitian terdiri dari 62 siswa, yakni kelas XI-3 sebagai kelompok eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan model TGT berbantuan Wordwall, dan kelas XI-2 sebagai kelompok kontrol yang menerima pembelajaran dengan model TGT tanpa bantuan media. Data dikumpulkan melalui instrumen tes sebanyak 30 soal yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil peneitian menujukkan adaya pengruh positif dari penerapan model TGT berbantuan Wordwall terhadap hasil belajar siswa berdasarkan aspek kognitif Taksonomi Bloom dan indikator pembelajaran. Uji independent sample t-test pada hasil belajar menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,023, yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperati tipe TGT berbantuan Wordwall memberikan pengaruh signifkan terhadap hasil belajar biologi.

Published

2025-08-07

How to Cite

Husna, H., Surani, C. ., Pramesti, A. ., Arya, D. ., Zahra, N. A. ., & Annisa, A. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9899-9904. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9073