Integrasi Quizziz dalam Model Ricorse untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa SMA Muhammadiyah 2 Palembang

Authors

  • Muthiah Muthiah Universitas Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Wasilah Wasilah Universitas Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Rendi Sabana Universitas Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Enok Rohayati Universitas Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9074

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran RICORSE berbantu Quizziz dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model ini berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik, khususnya dalam minat belajar dan kemampuan berpikir kritis. Perencanaan pembelajaran dilakukan secara sistematis dengan materi berfokus pada isim ?am?r dan memanfaatkan media seperti Quizziz, buku ajar, dan papan tulis. Proses pembelajaran diterapkan melalui tiga tahapan, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup, dengan langkah-langkah RICORSE (Recall, Interpretation, Contextualization, Reflection, Reinforcement, dan Evaluation) yang melibatkan keaktifan peserta didik. Hasil uji Independent Sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen (M = 79,33) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (M = 65,67), dengan efek ukuran besar (Cohen’s d = 0,85). Temuan ini membuktikan bahwa model RICORSE berbantu Quizziz efektif dalam meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis, serta menciptakan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan berpusat pada peserta didik.

Published

2025-08-07

How to Cite

Muthiah, M., Wasilah, W., Sabana, R. ., & Rohayati, E. . (2025). Integrasi Quizziz dalam Model Ricorse untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa SMA Muhammadiyah 2 Palembang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9840-9851. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9074