Pengembangan Media Video Animasi Storytelling pada Pembelajaran IPS untuk meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IX

Authors

  • Risqi Febrianti Nanda Ayuni Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Agi Ma’ruf Wijaya Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Mohamad Il Badri Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9078

Abstract

Pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP  sering dianggap membosankan karena sangat bergantung pada teks dan teknik ceramah. Untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah 1 Jember pada tahun ajaran 2025–2026, penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media video cerita animasi dalam pembelajaran IPS. Untuk menghasilkan bahan pembelajaran yang menarik dan efektif, penelitian ini menggunakan paradigma pengembangan ADDIE, yang terdiri dari fase Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Siswa kelas IX menjadi subjek pada penelitian ini, dan data dikumpulkan melalui kuesioner, teknik dokumentasi, dan observasi. Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran ilmu sosial dan meningkatkan partisipasi mereka dalam proses pembelajaran, proyek ini akan mengembangkan bahan ajar berupa film animasi bercerita. Video naratif animasi dapat menjadi alat pembelajaran kreatif dan berguna untuk meningkatkan kualitas pengajaran ilmu sosial di tingkat SMP. Penelitian ini memberikan kontribusi pada inovasi media pembelajaran berbasis visual-naratif dalam konteks pembelajaran IPS tingkat SMP.

Published

2025-08-07

How to Cite

Ayuni, R. F. N. ., Wijaya, A. M. ., & Badri, M. I. . (2025). Pengembangan Media Video Animasi Storytelling pada Pembelajaran IPS untuk meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IX. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9862-9869. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9078