Analisis Pengaruh Fasilitas terhadap Kepuasan Wisatawan di Museum Seni Rupa dan Keramik
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9112Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Fasilitas terhadap Kepuasan Wisatawan di Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta yang terletak di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan skala Likert menggunakan Google Form. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Museum Seni Rupa dan Keramik pada periode 2024–2025 sebanyak 176.660 orang, dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 399 responden. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS dengan teknik regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Fasilitas (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Wisatawan (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien determinasi sebesar 53,1%. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin baik fasilitas yang tersedia di museum, maka akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan wisatawan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya perbaikan dan pemeliharaan fasilitas secara berkelanjutan guna menciptakan pengalaman wisata yang nyaman dan menyenangkan serta meningkatkan minat kunjungan ulang ke Museum Seni Rupa dan Keramik.