Pengembangan Alat Peraga Smart Wheel dalam Meningkatkan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di TK Harapan Bangsa Kertosari Purwosari

Authors

  • Mashluhatul Imamiyah Universitas Yudharta Pasuruan, Indonesia
  • M. Jamhuri Universitas Yudharta Pasuruan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9115

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengkaji efektivitas alat peraga Smart Wheel dalam meningkatkan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ) pada anak usia dini di TK Harapan Bangsa Kertosari Purwosari. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pendidikan agama sejak dini serta perlunya media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Smart Wheel dapat meningkatkan minat, keterlibatan, dan pemahaman peserta didik dalam mengenal huruf hijaiyah. Metode pengulangan, menyanyi, dan menghafal yang dilakukan secara bergantian dengan Smart Wheel menjadikan pembelajaran lebih hidup dan efektif. Evaluasi pembelajaran dilakukan setiap pertemuan dan bersifat individual, dengan kategori penilaian A, B, dan C. Peserta didik yang belum mampu mencapai kompetensi dasar tetap diarahkan untuk menggunakan Smart Wheel hingga menguasai huruf hijaiyah. Kendala yang dihadapi dalam implementasi Smart Wheel di antaranya adalah keterbatasan waktu belajar di TK, perbedaan tingkat kemampuan peserta didik, serta perlunya variasi dalam penyajian media agar tidak menimbulkan kebosanan. Meskipun demikian, dengan kreativitas guru dan dukungan lingkungan sekolah, Smart Wheel terbukti menjadi media pembelajaran yang efektif dalam membentuk fondasi awal kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada anak usia dini.

Published

2025-09-02

How to Cite

Imamiyah, M., & Jamhuri, M. . (2025). Pengembangan Alat Peraga Smart Wheel dalam Meningkatkan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di TK Harapan Bangsa Kertosari Purwosari. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 10632-10637. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9115