Strategi Branding Madrasah Ibtidaiyah melalui Implementasi Pendidikan Inklusi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9121Abstract
Pendidikan inklusi adalah suatu sistem pendidikan yang dirancang untuk memberikan layanan dan peluang yang setara kepada semua anak, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus maupun yang memiliki potensi kecerdasan atau bakat luar biasa, agar dapat belajar bersama dalam satu lingkungan pendidikan yang sama dengan anak-anak lainnya. kehadiran sekolah inklusi akan lebih mudah dalam mewadahi dan mengoptimalkan potensi siswa ABK dan siswa non ABK secara bersama-sama, salah satu sekolah inklusi ialah MI Amanah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pelaksanaan pendidikan inklusi di MI Amanah terdiri dari dua tahapan utama. Pertama, tahap perencanaan yang mencakup proses penerimaan dan pengelolaan peserta didik. Kedua, tahap pelaksanaan yang mencakup berbagai aspek, seperti pengembangan kurikulum yang mendukung pendidikan inklusi, pelaksanaan proses pembelajaran inklusif, penyediaan tenaga pendidik yang kompeten di bidang inklusi, pemenuhan sarana dan prasarana pendukung, penerapan strategi branding sebagai madrasah inklusi, serta keterlibatan aktif masyarakat dalam mendukung keberlangsungan pendidikan inklusi.