Implementasi Media Interaktif Digital dalam Pembelajaran Problem Based Learning: Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9123Abstract
Pendidikan memegang peranan penting dalam pengembangan sumber daya manusia yang unggul di era digital. Model Problem Based Learning (PBL) dinilai efektif dalam mengasah kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, dan kemandirian peserta didik, namun memerlukan dukungan media pembelajaran yang relevan, seperti media interaktif digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan media interaktif digital dalam pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dan analisis bibliometrik menggunakan VOSviewer. Hasil kajian menunjukkan bahwa berbagai jenis media digital—seperti teks, video, animasi, dan simulasi—berkontribusi positif terhadap motivasi, minat, dan partisipasi siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Meskipun demikian, tantangan seperti ketergantungan teknologi dan keterbatasan infrastruktur masih perlu diatasi. Integrasi PBL dengan media interaktif digital berpotensi menjadi strategi pembelajaran inovatif yang relevan dengan tuntutan abad ke-21.