Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Game Digital: Literature Review

Authors

  • Neza Eka Savitri Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Armiati Armiati Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9124

Abstract

Perubahan paradigma pembelajaran di era digital mendorong penggunaan strategi yang interaktif dan berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) yang dipadukan dengan game digital melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dan analisis bibliometrik. Artikel diperoleh dari Google Scholar dalam rentang tahun 2020–2025, diseleksi hingga tersisa 11 publikasi yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi NHT dan game digital seperti Quizziz, Wordwall, Kahoot, Educaplay, Blooket, dan lain- lain yang berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar, motivasi, partisipasi aktif, berpikir kritis, dan kemampuan memecahkan masalah siswa. Analisis bibliometrik mengungkap dominasi kata kunci seperti “game digital” dan “model pembelajaran” yang mencerminkan tren riset saat ini. Dengan demikian, integrasi model Numbered Head Together dan permainan digital dapat menjadi strategi pedagogis yang relevan dan efisien dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa serta efektivitas pembelajaran di era digital saat ini.

Published

2025-08-08

How to Cite

Savitri, N. E. ., & Armiati, A. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Game Digital: Literature Review. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9973-9982. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9124