Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Geografi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9128Abstract
Pra riset di SMAN 8 Pontianak menunjukkan bahwa penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran Geografi di kelas XI dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa. Namun, masih terdapat kendala seperti keterbatasan kuota, gangguan jaringan, dan kurang selektifnya pemilihan video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan youtube sebagai media pembelajaran geografi di kelas XI Peminatan Geografi 3 SMAN 8 Pontianak, Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Peminatan Geografi 3, guru pengampu Peminatan Geografi 3 dan datanya adalah hasil wawancara dengan guru pengampu peminatan Geografi dan siswa kelas XI Peminatan Geografi 3. Hasil penelitian menunjukan jika penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran geografi di kelas XI Peminatan Geografi 3 SMA N 8 Pontianak sudah sangat membantu proses pembelajaran. Media ini dapat meningkatkan pemahaman siswa, membangun antusiasme, dan membuat materi lebih mudah dipahami. Namun, efektivitasnya bergantung pada pemilihan video yang tepat serta keterlibatan aktif guru dalam menjelaskan materi.