Kajian Literatur Sistematis: Teknologi Jam Tangan Getar dalam Manajemen Pendidikan Inklusif bagi Anak dengan Hambatan Pendengaran
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9135Abstract
Dalam konteks manajemen pendidikan inklusif, diperlukan dukungan teknologi yang mampu menjembatani keterbatasan komunikasi siswa tunarungu. Salah satu inovasi yang berkembang saat ini adalah jam tangan getar, yang dirancang untuk memberikan umpan balik berupa getaran sebagai pengganti sinyal suara. Penelitian ini dilakukan melalui kajian literatur sistematis dengan mengikuti prosedur PRISMA, menggunakan data dari basis Scopus, dan dianalisis secara bibliometrik menggunakan VOSviewer. Dari 60 artikel yang dikaji, ditemukan peningkatan jumlah publikasi sejak tahun 2022 yang terdapat 7 artikel sesuai dengan topik kemudian di tahun 2024 ada 12 artikel, dengan konsentrasi tema pada kata kunci seperti technology, communication, dan behavior monitoring. Meskipun pada tahun 2025 hanya ditemukan 1 artikel, ini menunjukkan diawal tahun sudah ditemukan peneliti yang mencoba untuk melakukan penelitian mengenai teknologi untuk anak berkebutuhan khusus. Hasil visualisasi menunjukkan terbentuknya empat kluster utama, yakni pemanfaatan teknologi asistif, pola komunikasi alternatif, strategi pemantauan perilaku, serta integrasi pendidikan inklusif. Keterkaitan antar tema ini menegaskan bahwa jam tangan getar berpotensi untuk meningkatkan interaksi sosial dan mendukung pengawasan perilaku siswa tunarungu di sekolah inklusif. Akan tetapi, integrasinya pada tongkat pendidikan tinggi masih terbatas, baik dari sisi jumlah penelitian maupun penerapan praktis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa jam tangan getar memiliki potensi sebagai alat bantu komunikasi di sekolah inklusif, dan merekomendasikan pengembangan teknologi yang adaptif, berbasis kebutuhan lokal, serta mendorong kolaborasi lintas bidang keilmuan.