Pengaruh Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi pada Peserta Didik Kelas 4 SD Negeri Kleco 1 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9142Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh metode sosiodrama terhadap peningkatan kemampuan literasi peserta didik kelas 4 di SD Negeri Kleco 1 Surakarta. Literasi sebagai kecakapan membaca, menulis, serta memahami informasi secara visual dan analitis menjadi kompetensi penting dalam proses pendidikan dasar. Metode sosiodrama dipilih karena diyakini mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif, kontekstual, dan berbasis budaya lokal melalui peragaan cerita rakyat seperti Malin Kundang, Kerja Sama yang Baik, Batu Menangis, dan Roro Jonggrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 30 peserta didik kelas 4B yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Validitas dan reliabilitas instrumen diuji sebelum digunakan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest sebesar 59,33 dan meningkat menjadi 89,50 pada posttest. Uji normalitas Shapiro-Wilk menunjukkan data berdistribusi normal, sedangkan uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dengan t-hitung 13,523 (> t-tabel 2,042) yang berarti terdapat pengaruh signifikan metode sosiodrama terhadap peningkatan kemampuan literasi peserta didik. Nilai N-Gain sebesar 68,26% menunjukkan efektivitas metode dalam kategori cukup efektif. Dengan demikian, metode sosiodrama terbukti mampu meningkatkan kemampuan literasi secara signifikan di jenjang pendidikan dasar.