Implementasi Tata Tertib dalam Mendisiplinkan Belajar Peserta Didik

Authors

  • Nabila Khairunnisa Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Susilahati Susilahati Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Lutfi Lutfi Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9145

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memfokuskan upaya pada peningkatan kedisiplinan peserta didik, mencegah gangguan terhadap pembelajaran, dan mendorong hubungan positif antar peserta didik. Peraturan atau tata tertib dalam lingkungan pendidikan sangat penting sebagai landasan dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Tata tertib berperan dalam membentuk perilaku peserta didik, menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman, serta mendukung proses pembelajaran yang fokus dan produktif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi tata tertib di sekolah dapat meningkatkan disiplin belajar peserta didik, seperti meningkatkan kehadiran lebih awal, mengurangi keterlambatan, dan meningkatkan kualitas belajar. Hasil juga menunjukkan bahwa guru perlu memberikan contoh yang dapat ditiru oleh peserta didik. Ketika terjadi pelanggaran, guru perlu menganalisis perilaku peserta didik, kemudian membimbing dan melatih mereka menuju perilaku yang lebih baik.Tantangan terbesar dalam meningkatkan kedisiplinan adalah menjaga konsistensi dalam penerapan aturan. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang humanis dan komunikatif agar peserta didik memahami tujuan dari aturan yang diterapkan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penyampaian yang tepat, tata tertib tidak hanya meningkatkan disiplin, tetapi juga membantu peserta didik mengembangkan karakter positif secara sadar dan tidak terbebani.

Published

2025-09-01

How to Cite

Khairunnisa, N., Susilahati, S., & Lutfi, L. (2025). Implementasi Tata Tertib dalam Mendisiplinkan Belajar Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 10347-10352. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9145