Dampak Motivasi dan Lingkungan Belajar terhadap Pencapaian Hafalan Al-Quran Anak-Anak SD SKTP ARSI Islamic School
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9149Abstract
Pendidikan Al-Quran merupakan salah satu aspek penting dalam Pendidikan Islam. Salah satu tujuan pendidikan Al-Quran adalah untuk meningkatkan kemampuan anak didik dalam menghafal dan memahami Al-Quran. Namun pada kenyataannya masih ada anak-anak yang mengalami kesulitan dalam menghafal Al-Quran, sehingga target pencapian hafalan belum begitu optimal. Diantara penyebabnya adalah pengaruh faktor motivasi dan lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak motivasi dan lingkungan belajar terhadap pencapaian hafalan Al-Quran anak-anak SD SKTP ARSI Islamic School Brebes Jawa Tengah.Penelitian ini menggunakan kerangka berfikir kualitatif deskriptif untuk menggambarkan fenomena anak-anak SD SKTP ARSI Islamic School tentang motivasi dan lingkungan belajar dalam menghafal Al-Quran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif, dengan sampel anak-anak yang mengikuti program hafalan Al-Quran di SD SKTP ARSI Islamic School Brebes Jawa Tengah. Dengan tehnik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik dan ekstrinsik serta lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung memiliki dampak positif terhadap pencapaian hafalan Al-Quran pada anak-anak SD SKTP ARSI Islamic School Brebes Jawa Tengah. Faktor-faktor seperti dukungan keluarga, lingkungan sekolah yang kondusif, dan metode pembelajaran yang efektif juga berperan penting dalam meningkatkan motivasi dan pencapaian hafalan Al-Quran anak. Penelitian ini memberikan implikasi bagi pendidik dan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajaryang mendukung dalam memotivasi anak-anak dalam menghafal Al-Quran.