Penerapan Media Pembelajaran Domino Mufrodat untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Tingkat Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9151Abstract
Bahasa Arab adalah keterampilan komunikasi esensial yang membutuhkan penguasaan kosakata. Di MI Muhammadiyah Makka Sidoarjo, ditemukan bahwa metode pengajaran yang monoton dan kurangnya motivasi siswa berdampak pada penguasaan kosakata yang rendah. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahap: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. PTK ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Arab siswa kelas IV MI Muhammadiyah Makka Sidoarjo melalui penerapan media domino mufrodat. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada fase pra-siklus, hasil belajar siswa di bawah target. Di siklus I, indikator keberhasilan belum tercapai sepenuhnya, namun minat belajar meningkat dari 51% (lemah) menjadi 62% (cukup). Oleh karena itu, penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil pada siklus II menunjukkan peningkatan signifikan. Lima dari tujuh siswa berhasil mencapai nilai target, dan minat belajar siswa naik menjadi 73% (kuat). Peningkatan ini tidak hanya pada minat, tetapi juga membangkitkan semangat belajar, memicu persaingan positif antar kelompok, dan mendorong keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran domino mufrodat secara efektif meningkatkan minat dan hasil belajar Bahasa Arab siswa di kelas IV MI Muhammadiyah Makka Sidoarjo. Metode ini juga menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan kompetitif.