Pengembangan Media Indonesian Food Adventure (INOFA) Berbasis E-Book Interaktif pada Materi Kandungan Nutrisi Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9152Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, tingkat validitas, dan kelayakan media INOFA berbasis e-book interaktif pada materi kandungan nutrisi di kelas V. Latar belakang dari pengembangan media ini adalah terbatasnya variasi media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa, terutama dalam memahami pentingnya nutrisi bagi tubuh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Mengingat adanya keterbatasan waktu, maka tahap implementation (implementasi) tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, respon guru dan respon siswa. Hasil dari pengembangan ini menunjukkan bahwa hasil validitas keseluruhan media INOFA sebesar 92% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon guru dan siswa di sekolah menunjukkan bahwa media INOFA layak untuk digunakan pada pembelajaran IPAS dalam materi kandungan nutrisi dengan persentase 97% dengan kategori sangat layak.