Pengaruh Pembelajaran STEM terhadap Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas V SD Negeri Tunfeu 1 Nakamese

Authors

  • Camelia Sine Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Heryon Bernad Mbuik Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Marice Jublina Penu Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Lesty Sae Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Skolastika Usfinit Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Wiliam Yusriadi Adu Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Delviana J.A Djingi Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Yohana Yuvita Siba Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Delistania Olo Universitas Citra Bangsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9155

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STEM terhadap kemampuan problem solving siswa kelas V SD Negeri Tunfeu 1 Nekamese, Kabupaten Kupang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian, observasi, dan angket. Perlakuan dilakukan melalui pembelajaran STEM berbasis proyek pembuatan mobil bertenaga air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest sebesar 57,38 dan posttest sebesar 72,73, dengan peningkatan nilai sebesar 15,35 poin. Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,002 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan demikian, pembelajaran STEM memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan problem solving siswa. Pembelajaran berbasis STEM terbukti mampu meningkatkan keterlibatan aktif, kreativitas, dan kemampuan berpikir ilmiah siswa dalam menyelesaikan masalah secara kontekstual dan kolaboratif.

Published

2025-09-01

How to Cite

Sine, C. ., Mbuik, H. B. ., Penu, M. J. ., Sae, L. ., Usfinit, S. ., Adu, W. Y. ., Djingi, D. J. ., Siba, Y. Y. ., & Olo, D. . (2025). Pengaruh Pembelajaran STEM terhadap Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas V SD Negeri Tunfeu 1 Nakamese. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 10404-10409. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9155