Pengaruh Proyek Maket Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa Kelas V di SD GMIT Manumuti

Authors

  • Adi Laksari Balu Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Heryon Bernard Mbuik Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Erminolda Mebe Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Maria Isabela Bukifan Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Getreda Yesti Beama Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Endang Adolfina Dethan Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Theresia Merlina Leu Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Uco R. Anin Universitas Citra Bangsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9156

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana proyek maket lingkungan sekolah berdampak pada tingkat kolaborasi yang lebih baik di antara siswa kelas V di SD GMIT Manumuti. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif yang dirancang sebagai quasi-eksperimen. Dua kelompok eksperimen (kelas V) dan kelompok kontrol tidak melakukan penelitian. Observasi kolaborasi siswa selama proyek dan angket penilaian memungkinkan pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah proyek maket lingkungan sekolah diselesaikan, siswa dalam kelompok eksperimen memperoleh skor kolaborasi yang lebih baik daripada siswa dalam kelompok kontrol. Studi ini menemukan bahwa siswa kelas V di SD GMIT Manumuti lebih berkolaborasi dengan proyek maket lingkungan sekolah.

Published

2025-09-01

How to Cite

Balu, A. L. ., Mbuik, H. B. ., Mebe, E. ., Bukifan, M. I. ., Beama, G. Y. ., Dethan, E. A. ., Leu, T. M. ., & Anin, U. R. . (2025). Pengaruh Proyek Maket Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa Kelas V di SD GMIT Manumuti. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 10410-10416. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9156