Pengaruh Proyek Maket Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa Kelas V di SD GMIT Manumuti
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9156Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana proyek maket lingkungan sekolah berdampak pada tingkat kolaborasi yang lebih baik di antara siswa kelas V di SD GMIT Manumuti. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif yang dirancang sebagai quasi-eksperimen. Dua kelompok eksperimen (kelas V) dan kelompok kontrol tidak melakukan penelitian. Observasi kolaborasi siswa selama proyek dan angket penilaian memungkinkan pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah proyek maket lingkungan sekolah diselesaikan, siswa dalam kelompok eksperimen memperoleh skor kolaborasi yang lebih baik daripada siswa dalam kelompok kontrol. Studi ini menemukan bahwa siswa kelas V di SD GMIT Manumuti lebih berkolaborasi dengan proyek maket lingkungan sekolah.