Nawa Cita Sebagai Core Value Pendidikan Karakter Berbasis Budaya

Authors

  • Asep Supriyadi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Indah Wahyu Ningsih Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Dindin Alawi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Aan Hasanah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Bambang Samsul Arifin UIN Sunan Gunung Djati BandungUniversitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.916

Abstract

Penelitian ini membahas terkait dengan nawa cita sebagai core value pendidikan karakter berbasis budaya. Melalui telaah pemahaman secara tekstual dan kontekstual. Permasalahan yang ada dijawab melalui penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada praktiknya di sekolah, nawa cita diimplementasikan dengan penguatan pendidikan karakter (PPK) dengan adanya perpres no 87 tahun 2017 dan permendikbud no 20 tahun 2018. Secara Implementasi PPK di sekolah menunjukan variasi yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan kearifan lokal satuan pendidikan di sekolah. Kehadiran nawa cita sebagai core value dari kebijakan pemerintah diadaptasikan dengan budaya lokal di lingkungan dimana penguatan pendidikan karakter diterapkan. Kebijakan ini menjadi core value dari kebijakan pemerintah yang dilaksanakan secara struktural untuk mewujudkan pembudayaan pada tri pusat pendidikan: Keluarga, Sekolah dan masyarakat.

Published

2022-09-03

How to Cite

Supriyadi, A., Ningsih, I. W., Alawi, D. ., Hasanah, A. ., & Arifin, B. S. (2022). Nawa Cita Sebagai Core Value Pendidikan Karakter Berbasis Budaya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3755-3763. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.916