Pengembangan Media Virtual Tour Maps Berbasis Lumi Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV

Authors

  • Evi Pratiwi Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Galih Mahardika Christian Putra Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9174

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Virtual Tour Maps berbasis web menggunakan platform Lumi Education dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) peserta didik kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods yaitu menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian berupa: (1) desain media Virtual Tour Maps berbasis web Lumi Education; (2) kelayakan media Virtual Tour Maps berbasis web Lumi Education menunjukkan hasil uji ahli media sebesar 90,91% (sangat baik) dan uji ahli materi sebesar 97,5% (sangat baik), dan (3) keefektifan media Virtual Tour Maps berbasis web Lumi Education. Berdasarkan hasil uji Paired Sample t_Test diperoleh nilai t_hitung = 15,983, sedangkan t_tabel= 1,729 pada taraf 5% (df=19). Karena t_hitung > t_tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Nilai N-Gain sebesar 0,47 masuk dalam kategori sedang, sehingga media Virtual Tour Maps berbasis Lumi Education terbukti efektif meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SDN Tambangan 02.

Published

2025-09-01

How to Cite

Pratiwi, E., & Putra, G. M. C. . (2025). Pengembangan Media Virtual Tour Maps Berbasis Lumi Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 10384-10394. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9174