Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning Berbasis Flipped classroom terhadap Hasil Belajar dan Daya Ingat Siswa Materi Virus Kelas X T.P 2024/2025

Authors

  • Margaretta Romaitona Tampubolon Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Aswarina Nasution Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Hudson Sidabutar Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9188

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem based learningi berbasis flipped classroom terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan daya ingat siswa pada materi virus di kelas X. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semua (quasi ecperiment) dengan desain penlitian pretest-posttest control group. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X dengan jumlah 208 orang. Sampel penelitian berjumlah 61 orang yaitu X-1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran problem based learningii berbasis flipped classroom dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran problem based learningii. Data diperoleh dengan isntrumen tesberjumlah 30 soal yang divalidasi oleh validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model problem based learningii berbasis flipped classroom terhadap hasil belajar kognitif dan retensi siswa. Hasil penlitian pada hasil belajar dengan menggunakan uji t (independent sample t test) memperlihatkan bahwa nilai signifikansi (sig 2-tailed) < ? (0,05), dengan thitung 3,146 > ttabel 2,000 sehingga Ha1 diterima. Sementara, hasil penelitian pada retensi siswa dengan menggunakan uji Mann-Whitney U menunjukkan bahwa nilai signifikansi (sig 2-tailed) < ? (0,05) yakni sebesar 0,000 sehingga Ha2 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learningii berbasis flipped classroom terhadap hasil belajar dan kemamuan daya ingat siswa pada materi virus di kelas X T.P 2024/2025.

Published

2025-09-01

How to Cite

Tampubolon, M. R., Nasution, A. ., & Sidabutar, H. . (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning Berbasis Flipped classroom terhadap Hasil Belajar dan Daya Ingat Siswa Materi Virus Kelas X T.P 2024/2025. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 10428-10434. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9188