Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Make A Match Berbantuan Demonstrasi pada Sekolah Dasar

Authors

  • Safiinatunnaja Safiinatunnaja Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Husna Farhana Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9191

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cahaya melalui penerapan model pembelajaran Make a Match yang dipadukan dengan metode demonstrasi. Penelitian tindakan kelas dilakukan di kelas V SDN Kebalen 07 Kabupaten Bekasi dengan jumlah subjek 31 siswa. Penelitian terdiri dari dua siklus dengan setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai dari 62,4 pada pra tindakan menjadi 81,7 pada siklus II. Ketuntasan klasikal meningkat dari 16,1% menjadi 96,7%. Temuan ini menunjukkan bahwa model Make a Match berbantuan demonstrasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Published

2025-09-01

How to Cite

Safiinatunnaja, S., & Farhana, H. . (2025). Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Make A Match Berbantuan Demonstrasi pada Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 10457-10462. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9191