Kolaborasi Sekolah dan Orang Tua dalam Membentuk Sikap Keagamaan Moderat Siswa

Authors

  • Ina Damayanti Universitas Cokroaminoto Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9194

Abstract

Penanaman sikap keagamaan moderat menjadi kebutuhan mendesak di tengah meningkatnya tantangan radikalisme dan intoleransi, khususnya di kalangan remaja sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk kolaborasi antara sekolah dan orang tua dalam membentuk sikap keagamaan moderat siswa di UPT SMK Negeri 2 Jeneponto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Wali kelas, Kepala sekolah, Orang tua siswa, dan siswa yang terlibat aktif dalam kegiatan keagamaan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi antara sekolah dan orang tua terjalin melalui forum pertemuan wali murid, pelibatan dalam kegiatan keagamaan sekolah seperti pengajian dan peringatan hari besar Islam, serta komunikasi aktif melalui grup WhatsApp. Guru Pendidikan Agama Islam berperan strategis sebagai mediator moderasi dengan mengintegrasikan nilai-nilai toleransi, keberagaman, dan anti-ekstremisme dalam pembelajaran. Di sisi lain, orang tua mendukung proses ini dengan menanamkan nilai-nilai kebhinekaan dan penghargaan terhadap perbedaan di lingkungan keluarga. Penelitian ini menunjukkan bahwa sinergi antara sekolah dan keluarga menjadi fondasi penting dalam membentuk karakter siswa yang inklusif dan moderat secara keagamaan. Temuan ini memperkuat urgensi pendekatan kolaboratif dalam pendidikan karakter keagamaan moderat sebagai respon terhadap fenomena ekstremisme di tingkat pelajar.

Published

2025-09-01

How to Cite

Damayanti, I. (2025). Kolaborasi Sekolah dan Orang Tua dalam Membentuk Sikap Keagamaan Moderat Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 10448-10456. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9194