Desain Aplikasi untuk Meningkatkan Pemahaman Rambu Lalu Lintas pada Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9200Abstract
Pemahaman terhadap rambu lalu lintas sejak usia dini sangat penting untuk membentuk sikap disiplin dan keselamatan berlalu lintas. Namun, berdasarkan observasi di SDN 2 Beji, sebagian besar siswa belum memahami arti dan fungsi rambu-rambu lalu lintas, yang berpotensi membahayakan keselamatan mereka di jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi Gim Edukasi berbasis Android guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap rambu lalu lintas. Metode yang digunakan adalah Design and Development (D&D) dengan model N.J. Manson yang meliputi tahapan identifikasi masalah, pemberian saran, pengembangan produk, evaluasi, dan penyimpulan. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VI SDN 2 Beji. Evaluasi dilakukan melalui uji validitas oleh ahli materi, media, dan pendidikan serta pengukuran pemahaman siswa menggunakan pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gim Edukasi yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap rambu lalu lintas, yang terlihat dari peningkatan signifikan hasil post-test dan uji efektivitas melalui perhitungan N-Gain serta skor usability (SUS) yang tinggi. Dengan demikian, media Gim Edukasi ini layak digunakan sebagai sarana pembelajaran yang interaktif dan menarik untuk meningkatkan kesadaran keselamatan lalu lintas pada anak-anak sekolah dasar.