Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning dengan Media Augmented Reality pada Materi Menulis Puisi Siswa SMP

Authors

  • Adelia Fera Saputri Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Dessy Wardiah Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Yenny Puspita Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9204

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model pembelajaran blended learning berbantuan media augmented reality (AR) dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan melibatkan dua kelas VIII di SMP Negeri 14 Palembang, yakni kelas VIII.8 sebagai kelompok eksperimen dan VIII.10 sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran kombinasi daring dan luring dengan media AR, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest, serta dianalisis menggunakan uji Wilcoxon karena data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada rata-rata nilai kelompok eksperimen dari 36,81 menjadi 89,31, sedangkan kelompok kontrol meningkat dari 38,89 menjadi 72,22. Media AR membantu siswa dalam memvisualisasikan unsur-unsur puisi seperti imaji, metafora, dan ekspresi emosi, sehingga meningkatkan kreativitas dan motivasi mereka dalam menulis puisi. Penelitian ini mendukung studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa blended learning dan augmented reality mampu meningkatkan keterlibatan kognitif dan hasil belajar. Oleh karena itu, disarankan agar guru mengintegrasikan media digital dalam pembelajaran sastra untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan bermakna.

Published

2025-09-01

How to Cite

Saputri, A. F. ., Wardiah, D. ., & Puspita, Y. . (2025). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning dengan Media Augmented Reality pada Materi Menulis Puisi Siswa SMP. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 10612-10616. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9204