Penerapan Video Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 3 untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Tunarungu

Authors

  • Linda Karvita Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
  • Abdul Halim Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
  • Yulvia Sani Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9220

Abstract

Pendidikan dalam bahasa Yunani berasal dari kata pedagogik yaitu ilmu menuntun anak. Bangsa Jerman melihat pendidikan sebagai Erziehung yang setara dengan Educare, yakni membangkitkan keuatan terpendam atau mengaktifkan kekuatan dan potensi anak. Video interaktif adalah media pembelajaran yang di dalamnya mengkombinasikan unsur suara, gerak, gambar, teks ataupun grafik yang bersifat interaktif. Kemampuan berbahasa merupakan suatu intensitas sosial yang mengatur bagaimana masyarakat berperilaku dan berinteraksi satu dengan yang lainnya. Penelitian ini menggunakan mrtode penelitian kualitatif, metode penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siwa penyandang disabilitas (tunarungu) di SLB Wiyata Dharma Kota Metro. Analisis data pada penelitian ini terdapat tiga cakupan, yakni reduksi data, peneliti mengambil data tentang kondisi siswa tunarungu dalam berkemampuan berbahasa, kemudian display data dimana peneliti mengkaji tentang kemampuan berbahasa siswa tunarungu dan kesimpulan.  Keberadaan video interaktif tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga berhasil memotivasi mereka untuk belajar dengan semangat yang tinggi. Suasana belajar yang menyenangkan ini menciptakan daya tarik tersendiri bagi siswa, mendorong mereka untuk aktif berpartisipasi dan merespons materi pembelajaran dengan lebih baik.

Published

2025-09-02

How to Cite

Karvita, L., Halim, A. ., & Sani, Y. . (2025). Penerapan Video Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 3 untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Tunarungu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 10723-10731. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9220