Pengaruh Model Inquiry Learning dengan Pendekatan Saintifik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9224Abstract
Rendahnya pemahaman konsep matematika siswa disebabkan karena pemilihan model yang kurang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry learning dengan pendekatan saintifik terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP pada materi geometri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII salah satu SMP Negeri di kabupaten Tuban tahun Pelajaran 2024/2025 dengan sampel Kelas VII E sebagai Kelas eksperimen dan Kelas VII F sebagai Kelas kontrol. Tekik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes (pre-test dan post-test) dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika, sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dari hasil analisis data diperoleh, nilai Zhitung= -4,926. Karena -Ztabel < Zhitung < Ztabel yaitu -1,96 < -4,926 < -1,96 maka mengakibatkan H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan skor kemampuan pemahaman konsep matematika dari pre-test dan post-test. Peningkatan skor kemampuan pemahaman konsep matematika dapat dilihat dari N-Gain Score sebesar 0,6922 berada pada klasifikasi “sedang” dan hasil N-Gain Persen sebesar 69% berada pada tafsiran efektivitas “Cukup Efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model inquiry learning dengan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP.