Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantu Media Kahoot! terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa

Authors

  • Dila Muhaimin Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia
  • Mu'jizatin Fadiana Universitas PGRI Ronggolawe, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9225

Abstract

Kurangnya model dan variasi pembelajaran adalah penyebab utama rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa. Selain itu ditemukan bahwa siswa kesulitan untuk menghubungkan masalah kontekstual di dalam kehidupan sehari-hari kemudian dicari penyelesaiannya. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh Realistic Mathematics Education berbantu media Kahoot! terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Metode penelitian menggunakan quazi eksperimen. Desain pretest-posttest control group design. Siswa Kelas VIII dari salah satu SMP di Kabupaten Tuban tahun ajaran 2024/2025 menjadi populasi penelitian. Kelas VIII D sebagai Kelas eksperimen dan Kelas VIII A sebagai Kelas kontrol merupakan sampel untuk penelitian ini. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengunpulan data yang digunakan adalah metode tes (pretest dan posttest), sedangkan teknik analisis data penenlitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Dari hasil analisis data diperoleh nilai . Karena  yaitu  maka keputusannya  ditolak, artinya terdapat perbedaan skor kemampuan literasi numerasi dari pretest dan posttest. Peningkatan skor kemampuan literasi numerasi didapatkan hasil uji n-gain sebesar 0,7231 berada pada klasifikasi n-gain skor “tinggi” dan sebesar 72% berada pada tafsiran efektivitas n-gain persen “cukup efektif”. Dengan demikian pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantu media Kahoot! berpengaruh terhadap kemampuan literasi numerasi siswa SMP.

Published

2025-09-02

How to Cite

Muhaimin, D., & Fadiana, M. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantu Media Kahoot! terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 10693-10699. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9225